Tips Agar Hafalan Alqurannya Lengket Di Ingatan Dan Hati

Assalamualaikum...
para pembaca setia blog saya apa kabranya?
kali ini saya balik lagi dengan tema yang berbeda nih sobat...
kali ini saya akan membahas tips dan cara mudah menghafal Al-quran menurut saya sendiri tentunya,saya mendapat ide ini karena saya baru saja selelas ujian Tahfidz di Campus saya...
dan saya merasa banyak mendapatkan cara untuk mudah menghafalkan Al-Quran nul kariim...Baiklah lagsung saja ya ...cekidoooot...
1.yang pertama dan yang paling utama adalah utamakan niat kita.tentunya kita harus berniat untuk mendapat ridho Allah bukan?bukan hanya sekedar menghafal karena paksaan sekolah,orang tua,ataupun lainnya.jadi benar-benar LILLAHI TA'ALA.okeh...
2.Dan yang selanjutnya adalah konsentrasi.bukan hanya dalam belajar kita butuh konsentrasi.tetapi dalam menghafal Al-quran kita juga butuh kefokusan.Apalagi yang harus kita ketahui ya,dalam menhfal Al-quran tidak boleh di seling dengan bercanda karena bisa buatt hafalan yang kita hafal tadi lupa seketika ketika kita tertawa.iya itu.biasanya anak pondok sering khilaf seperti itu.Tapi itu tergantng pribadinya sendiri juga siih...
3.Tanpa paksaan.Biasanya banyak dari kita terutamanya yang hidup di pondok segala sesuatu itu dilakukan dengan keterpasaan.apalagi yang belum kerasaan di pondok biasanya menghafal itu sambil menggerutu juga.(pengalaman sih).memang kita PASTI akan melakukannya bukan?tapi tau tidak kalau kita menghafalnya karena ketterpaksaan hafalan tersebut bisa saja lupa dengan begitu saja,Naudzubillah..tau kan kalau kita menghafal Al-quran lalu melupakannya itu dosa?Naudzubillah ya Sobb..
4.dan yang terakhir adalah sering mengulanginya kembali.Kita saat menghafal Al-quran tidak boleh hanya menghafalnya sajaa terrus-menerus,tapi kita juga harus bisa selagkan waktu luang untuk mengulanginya kembali.InsyaAllah lengket deh itu ane yakiinn...
Nah cukup sekian ya info mini yang bisa saya berikan,,,itu pengalaman saya lohh...dan pendapat saya.ingat pendapat orang berbeda-beda lohh...
sudah ya..Wassalamualaikum WR.WB

Comments

Popular Posts