Contoh Kultum

Berikut ini adalah contoh kultum yang menurut saya sangat simple dan enak di bawakan...
selamat membacaaa...



                        Lima Hal Perusak Hati
Assalamu'alaikum Wr. Wb.
Jama’ah Shalat subuh Rahimakumullah.
Hati merupakan pengendali perbuatan diri, jika hati berprasangka baik, maka baik pula perbuatan diri, dan jika hati berprasangka buruk, maka buruk pula perbuatan hati. Oleh karena itu, menjaga hati dari keburukan yang dapat merusak perbuatan diri adalah wajib.
Ibnul Qayyim RA. Menyebutkan ada lima perkara yang dapat merusak prasangka baik dari hati kita yaitu: bergaul dengan banyak kalangan (baik dan buruk), angan-angan kosong, bergantung kepada yang selain Allah serta kekenyangan dan banyak tidur.
Jama’ah Shalat Isya’ dan Tarawih Rahimakumullah.
Untuk itu saya akan menerangkanya satu per-satu:
1.       Bergaul dengan banyak kalangan
                        Bergaul dengan banyak kalangan tentu menjadi kebutuhan kita sebagai makhluk sosial. Namun kita tidak bisa begitu saja dapat bergaul dengan siapapun dengan sembarangan, karena pergaulan yang salah akan banyak menimbulkan masalah. Dan apabila kita bergaul dengan teman yang orangyang buruk sifatnya maka lambat laun akan menghantam hati, melamahkan dan menghilangkan rasa nurani. Dalam sebuah hadits di diriwayatkan:
عَنْ أَبِيْ هُرَيْرَةَ عَنِ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ: اَلْمَرْءُ عَلٰى دِيْنِ خَلِيْلِهٖ فَلْيَنْظُرْ أَحَدُكُمْ عَلٰى مَنْ يُخَالِلُ
Dari Abi Hurairah RA. Dari Nabi SAW. bersabda: “seseorang itu (tergantung) atas –agama- temannya. Maka sebaiknya lihatlah seorang itu  pada siapa yang menjadi temannya”. (HR. Ahmad)
Maksudnya, kalau kita ingin melihat kualitas agama seseorang, maka lihatlah teman-temannya. Jika temannya adalah orang-orang yang rusak, maka agamanya pun rusak, sebaliknya jika teman-temannya adalah orang yang shalehah, maka agamanya pun menjadi baik pula.
2.    Larut dalam angan-angan kosong
Angan-angan kosong adalah lautan yang tidaak bertepi dan tidak ada tempat untuk berlayar orang-orang yang bangkrut yang ombaknya selalu mengombang-ambing nuraninya.atau sama saja dengan orang yang tidak memiliki tujuan hidup yang pasti.
Adapun angan-angan yang benar adalah seperti mempunyai cita-cita tinggi, iman dan amal yang bisa mendekatkan diri kepada Allah dan sebaliknya.
3.    Bergantung kepada selain Allah
Ini merupakan faktor terbesar perusak hati. Jika seseorang bergantung dan bertawakkal selain kepada Allah, maka Allah akan berlepas diri dari urusannya. Allah pun akan menghinakannya dan menjadikan perbuatannya sia-sia. Ia tak akan mendapat sesuatupun dari Allah SWT. tidak juga dari selain Allah yang ia bergantung padanya. Allah SWT. Berfirman,yang artinya:“Dan mereka telah mengambil sembahan-sembahan selain Allah agar sembahan-sembahan itu menjadi pelindung bagi mereka. Sekali-kali tidak, kelak mereka (sembahan-sembahan) itu akan mengingkari penyembahan (pengikut-pengikutnya) terhadapnya, dan mereka (sembahan-sembahan) itu akan menjadi musuh bagi mereka”. (QS. Maryam: 81-82)
4.    Makanan
Makanan sebagai perusak hati dibagi dua, yaitu:
Pertama, makanan yang merusak karena materinya. Makanan jenis ini ada dua macam pula: 1) diharamkan karena hak Allah, seperti bangkai, darah, anjing dan sebagainya. 2) diharamkan karena hak hamba seperti barang curian, rampasan maupun sesuatu yang diambil tanpa kerelaan dari pemiliknya.

Kedua, makanan yang merusak karena melampaui ukuran dan takarannya. Seperti berlebihan dalam hal yang halal, kekenyangan yang kelewat batas. Sebab yang demikian itu menyebabkan malas mengerjakan ketaatan. Kekenyangan membuat seseorang merasa berat sehingga mudah dikendalikan setan untuk menuruti hawa nafsunya. Setan masuk melalui aliran darah dan lapar .dengan berpuasa bisa mempersempit aliran darah dan menyumbat jalan setan.
5.    Kebanyakan tidur
Tidur yang paling bermanfaat adalah tidur saat sangat dibutuhkan. Segera tidur saat malam hari lebih baik daripada tidur saat larut malam. Tidur di hari malam lebih baik dari pada tidur di pagi atau sore hari.
Dan di antara tidur yang dibenci adalah tidur antara salat subuh dan terbitnya matahari, karena saat itu adalah awal dan pintu siang, saat diturunkan dan di bagi-bagikannya rezeki yang barakah.
Kebanyakan tidur dapat mematikan hati, memenatkan badan, menghabiskan waktu serta membuat lupa dan malas.
Jama’ah Shalat subuh Rahimakumullah.
Demikian kultum saya pada hari ini, semoga banyak membawa manfaat dan kita terhindar dari berbagai penyakit yang merusak hati.
Wabillahi taufiq wal hidayah…
Wassalamu’alaikum Warahmatullohi Wabarokatuh.


sekiaan,di tunggu ya kritik dan sarannyaa...trimakasiih..

Comments

Popular Posts